About Me

My photo
saya seorang lelaki yg pantang menyerah dan berusaha untuk selalu berkreatifitas .Karena hidup itu semangat dan kreatifitas tanpa batas !

Hello !!!

Hello !!!

Friday, 3 October 2014

ORGANISASI PERUSAHAAN



TEORI ORGANISASI UMUM


Pendahuluan

Kita biasa mengenal bahwa organisasi itu ialah suatu perkumpulan yang dimaksudkan untuk melakukan tujuan tertentu, tapi organisasi sebenarnya bukan berdasarkan hal tersebut. Organisasi yang tumbuh saat ini diawali dengan budaya sosial yang terjadi pada kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, pengertian dari setiap definisi organisasi merupakan interaksi yang saling berhubungan dari dua orang lebih, untuk menghasilkan sesuatu.

Pada penjelasan dibawah ini, saya akan menjelaskan tentang pengertian sebuah organisasi beserta arti penting dari sebuah organisasi tersebut.

Pengertian Organisasi

Dalam kamus besar Indonesia (KBI) pengertian organisasi adalah kesatuan (susunan) yang terdiri dari bagian bagian orang yang berkumpul dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Chester I.Barnard mengemukakan dalam buku beliau yang berjudul The Function Of The Executive, “organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Sedangkan Stephen P.Robbins mengatakan bahwa “Organisasi ialah kesatuan aspek sosial yang terkordinasi secara sadar, dengan satu batasan yang cukup relatif dan bisa diidentifikasi, yang bekerja secara relatif dan terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau tujuan bersama.

Menurut J.William Schulze memberikan pendapat, “organisasi adalah suatu penggabungan dari orang orang,benda benda,alat alat perlengkapan,ruang lingkup kerja dan segala hal yang berhubungan dengannya,yang disatukan dalam sebuah hubungan yang teratur dan sangat efektif untuk mencapai segala tujuan yang diinginkan.

Berbeda dengan Sir Stoner mengemukakan, “Organisasi adalah sebuah pola yang menghubungkan orang orang di bawah arahan pimpinan (manager) untuk mencapai atau mengejar tujuan bersama.

Dari beberapa definisi yang dikemukakan di atas,jadi bisa kita tarik kesimpulan tentang pengertian organisasi yaitu merupakan sekelompok orang yang terdiri dua orang atau lebih, secara formal dan dipersatukan dalam sebuah kerjasama dalam untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan bersama.


Arti Penting Organisasi

Organisasi dibutuhkan oleh setiap manusia yang memiliki kepentingan dan juga tujuan yang sama, sebagai tempat atau badan dimana mereka saling berkumpul , bersatu dan bekerja sama serta  berusaha untuk mewujudkan tujuan tersebut. Hal tersebut yang menjadi sebab adanya tujuan dari diadakannya sebuah organisasi yang kemudian bisa dikembangkan menjadi struktur organisasi.

Tujuan organisasi bisa terlihat dari sasaran yang harus dilakukan baik dalam tujuan jangka pendek maupun  jangka panjang . Berikut ini pengelompokan dari tujuan organisasi dari definisi prioritas tujuan tersebut :

Tujuan umum, mengandung pernyataan yang luas atau tujuan dalam skala umum yang menggambarkan bagaimana terciptanya sebuah organisasi tersebut, dan tidak berubah dari waktu ke waktu dan menjadi landasan pertama dalam konstitusi sebuah organisasi.
   
Tujuan merupakan gambaran dari apa yang akan yang akan dihasilkan . Laporan setiap tugas terukur untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari sebuah kelompok, biasanya memiliki jangka pendek dan batas waktu tertentu.

Setiap organisasi memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari organisasi kecil sampai skala internasional. Jadi arti penting sebuah organisasi itu menentukan suatu tujuan dan gambaran dari suatu perusahaan



BENTUK BENTUK ORGANISASI PERUSAHAAN

1. Perusahaan Perseorangan
Perusahaan yang dimiliki oleh satu orang. Pemilik perusahaan biasanya merangkap juga sebagai manajer. Perusahaan perseorangan umunya berupa perusahaan pengecer berskala kecil atau perusahaan jasa perseorangan seperti praktik dokter, pengacara dan kantor akuntan. Perusahaan semacam ini jarang berkembang menjadi perusahaan besar karena modalnya sangat terbatas.

2. Persekutuan
Suatu organisasi perusahaan yang merupakan gabungan dari beberapa orang atau lebih pemilik untuk menyelenggarakan usaha dan menggunakan nama besar. Dengan kata lain perusahaan ini dipimpin oleh beberapa orang

3. Perseroan
Perusahaan yang modalnya terdiri atas saham-saham. Setiap pemegang saham adalah pemilik perusahaan yang tanggung jawabnya terbatas sebesar saham yang dimilikinya. Jadi penanggung jawabnya tergantung pada saham yang ditanamkan

4. Firma
Firma merupakan bentuk perusahaan yang di dirikan oleh 2 orang atau lebih, yang bertujuan untuk memperluas usahanya. Firma dapat dibentuk oleh 2 orang atau lebih yang semuanya belum memiliki usaha.

5. Persekutuan Komanditer (CV)
Persekutuan Komanditer atau biasa disebut CV (Commanditaire Vennootscap) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.



sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi ,
http://benita21212420.blogspot.com/2013/04/bentuk-organisasi-perusahaan-tugas.html

No comments: